Perbedaan Kue Dari Telur Ayam Negeri dan Kampung


Telur adalah bahan penting dalam pembuatan kue. Kuning telur berfungsi sebagai emulsifier dan pengental, sementara protein dalam putih telur dapat membentuk busa dan membuat cake terasa ringan.


Biasanya resep kue dan cake menggunakan telur ayam negeri karena mudah didapat dan terjangkau harganya. Volumenya juga cukup besar, sehingga lebih irit biaya. Namun, bukan berarti telur ayam kampung tak bisa dipakai untuk membuat kue.



Menurut pakar pastry Yongki Gunawan, telur ayam kampung bisa menggantikan telur ayam negeri dalam pembuatan kue. Meski lebih mahal dan lebih sulit diperoleh, ada beberapa keuntungan yang didapat jika menggunakan telur ayam kampung dalam membuat kue.



"Kue berbahan telur ayam kampung jadi lebih tahan lama, lebih legit, dan lebih wangi dibanding jika menggunakan telur ayam negeri," jelas Yongki saat dihubungi Detikfood lewat telepon, Selasa (26/11/13).



Kalau ingin menggantikan telur ayam negeri dengan telur ayam kampung dalam membuat kue, yang harus diperhatikan adalah konversi ukurannya. Telur ayam kampung berukuran lebih kecil, yakni sekitar 26 gram, dibanding telur ayam negeri (55 gram).



Telur ayam negeri mengandung 30 gram putih telur, 20 gram kuning telur, dan 5 gram kulit telur. Jadi, jika di resep tertulis '5 butir telur' dan Anda ingin menggunakan telur ayam kampung, kalikan saja 55 gram x 5 butir. Totalnya 275 gram telur atau kira-kira 10,5 butir telur ayam kampung.

Sumber : detik(dot)com